Strategi Pemda Sula Keluar Dari Daerah Tertinggal

40620

SANANA, MALUT – Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) asala satu dari 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Maluku yang disebut juga sebagai daerah tertinggal.

Untuk itu, Wakil Bupati Sula, M. Saleh Marasabessy saat ditemui awak media mengatakan bahwa saat ini pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sula tengah berupaya menyusun strategi untuk keluar dari sebutan kata tersebut.

BACA JUGA:  Perusahaan Kayu di Desa Wailoba Terancam Ditutup, Ini Penyebabnya

“Kini kita berupaya keras agar mulai tahun depan kita bisa keluar dari daerah tertinggal,” kata Wakil Bupati Sula, M. Saleh Marasabessy saat ditemui wartawan di ruang kerjanya,(03/09/2021)

Ia menjelaskan, upaya-upaya yang dilakukan untuk keluar dari daerah tertinggal yakni bagaimana membuka daerah-daerah terisolasi melalui perhubungan laut, darat dan udara.

BACA JUGA:  Lanal TBA Bersama Unsur Forkopimda Tebar Benih Udang Diposal Bandar Khalifah

Sebab kata Wakil, masalah sarana transportasi udara, laut, dan darat ini penting sehingga perlu untuk di perhatikan. Terutama perekonomian daerah ini.

“Jika taransportasi udara ini bisa lancar, maka kemungkinan besar investor maupun pengusaha-pengusaha besar pasti bisa datang ke daerah kita,” jelasnya.

BACA JUGA:  Hindari Jalan Berlubang, Truk Muatan Galon Terguling di Jalan Semarang – Purwodadi

“Kalau hal tersebut belum maksimal maka mereka juga masih berpikir panjang tentang berinvestasi di daerah kita ini, tapi kalau suda di sediakan maka itu akan bisa berjalan secara normal,” terangnya.

Soal transportasi laut, M. Saleh mengatakan tidak terlalu bermasalah. Namun yang perlu dipikirkan adalah perluasan daerah pelabuhan di Desa Malbufa, Kecamatan Sanana Utara, karena dermaga tersebut bakal menjadi pelabuhan kapal pelni.

BACA JUGA:  Ratama Saragih : Jurnalis Handal Harus Patuhi UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik

“Pelabuhan ini ke depannya akan menjadi pelabuhan besar makanya harus diprogramkan pada tahun 2022 nanti,” ucapnya. (S-P) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here