Inggris Akhiri Evakuasi Sipil Dari Afghanistan

Para tentara Inggris, Turki, dan AS membantu seorang bocah saat evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 20 Agustus 2021. Para tentara asing bahu-membahu mengevakuasi warga Afghanistan, khususnya anak-anak. Sgt. Victor Mancilla/U.S. Marine Corps/Handout via REUTERS

JAKARTA – Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan penerbangan evakuasi sipil warga Inggris dan pengungsi Afghanistan dari bandara Kabul memasuki jam-jam terakhir, kata juru bicara kementerian pada Sabtu.

Televisi Inggris, Sky News, melaporkan penerbangan Inggris terakhir untuk warga sipil telah meninggalkan bandara Kabul semalam.

BACA JUGA:  Polri Belum Tetapkan KKB Sebagai Kelompok Teroris

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pada Jumat bahwa Inggris memasuki jam-jam terakhir evakuasi dan hanya akan memproses orang-orang yang sudah berada di dalam bandara Kabul, dikutip dari Reuters, 28 Agustus 2021.

Duta Besar Inggris untuk Afghanistan, Laurie Bristow, juga mengatakan pada Sabtu bahwa waktunya telah tiba untuk mengakhiri pengangkutan udara yang telah mengevakuasi hampir 15.000 warga Afghanistan dan Inggris selama dua minggu terakhir.

BACA JUGA:  Karena Berprestasi, Kapolri Beri Penghargaan ke Pecalang Bali

“Sudah waktunya untuk menutup fase operasi ini tetapi kami tidak melupakan orang-orang yang masih harus pergi, dan kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu mereka,” katanya dalam pernyataan di bandara Kabul yang dirilis oleh kementerian luar negeri Inggris.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan Jumat malam bahwa mereka telah mengevakuasi lebih dari 14.500 warga Afghanistan dan Inggris dalam dua minggu sejak Taliban menguasai Afghanistan.

BACA JUGA:  Nyatakan Sikap, Lembaga Adat Papua Minta KKB Ditetapkan Sebagai Organisasi Teroris

Inggris adalah sekutu utama AS sejak awal invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada 2001 yang menggulingkan Taliban yang berkuasa saat itu. (NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *