Bakamla RI Sosialisasikan Keselamatan Laut Bagi Nelayan

SULUT – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar sosialisasi terkait keselamatan laut dan kesehatan kerja, di Pangkalan Armada Serei, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) kemarin.

Berdasarkan press release yang diterima Kilas Indonesia, Rabu (1/6/2022). Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla menyatakan, kegiatan yang diikuti puluhan nelayan ini menghadirkan empat narasumber yang berkompeten dibidangnya.

BACA JUGA:  6 Pelaku Judi Qiu-qiu Diringkus Polsek Marangkayu

“Sosialisasi ini diikuti 45 orang dari nelayan Serei. Sementara pemateri yang dihadirkan yakni dari Kantor SAR Kelas A Manado, Nuriadin Gumeleng menyampaikan materi tentang keselamatan berlayar di laut. Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Minahasa Utara Edwin Ombuh, S.Sos, M.Si menyampaikan materi kesehatan kerja di laut,” kata Dr. Wisnu

“Kepala Pangkalan Armada Serei Kolonel Asep Budiman juga membawakan materi tentang kelaikan kapal dan pengawak kapal penangkapan ikan serta Kasubag TU Pangkalan Serei Letkol Bakamla Senly Manitik, S.Pd, M.H., menyampaikan materi tentang pengetahuan kesehatan bagi para nelayan,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Prajurit TNI Yonif 645 Karya Bakti di Ponpes Quran Hadist Al-Hikam Sambas

Sementara itu, Asep Budiman dalam pemaparan materinya
mengatakan bahwa sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, Bakamla berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir.

“Khususnya nelayan tentang pentingnya keamanan dan keselamatan di laut, serta kesadaran tentang kesehatan dan keselamatan kerja bagi para nelayan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Balap Liar, Belasan Motor Diamankan Polsek Kota Agung

Untuk itu, dirinya berharap kegiatan ini dapat turut memberikan dampak yang signifikan dalam membangun kesadaran nelayan akan pentingnya faktor keamanan dan keselamatan dalam melaut. Terlebih lagi, kelaikan kapal dan kesehatan kerja ini penting untuk diketahui semua nelayan.

“Sehingga situasi kritis dapat terkendali, dan minim adanya korban jiwa atau materi,” ujarnya. (Hms Bakamla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.