Dorong Minat Baca, Mahasiswa Ilmu Sejarah Dirikan Rumah Baca di Desa Tiowor

TERNATE, MALUT – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendorong minat baca masyarakat. Salah satunya ialah mendirikan rumah baca guna menumbuhkan minat literasi masyarakat yang ada di desa.

Hal ini, seperti yang dilakukan Peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Ternate, di Desa Tiowor, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

BACA JUGA:  Ikut Rapat Koordinasi Terpusat, Ini Pesan Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Kordinator MBKM Ilmu Sejarah Unkhair Eka Marsitasari Udin mengatakan kehadiran rumah baca tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam mendorong minat baca masyarakat.

Eka bilang, rumah baca yang diberi nama rumah baca Mode Tapso Kreatif ini bisa terlaksana dengan baik berkat kerjasama dari semua pihak.

BACA JUGA:  Himpunan Mahasiswa Kaimana Sepakat Dukung Otsus

“Atas kerjasama antara mahasiswa, pemuda dan pemerintah desa, rumah baca berukuran 8×4 meter ini bisa rampung dalam waktu hampir sebulan,” tutur Eka.

“Dan mampu menampung cukup banyak anak-anak, kami ajarkan tentang memperlancar belajar, pengertian dan makna, menggambar, juga baca tulis Al-Qur’an,” lanjutnya.

BACA JUGA:  53 Prajurit KRI Nanggala-402 Mendapatkan Anugerah Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Tiowor Iskandar Hi. Karim, menyatakan bahwa tujuan di bangunnya rumah baca adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan minat anak-anak.

“Sehingga tercipta anak-anak yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga menjadi sebuah wadah kegiatan belajar anak-anak,” kata Kades Tiowor.

Iskandar menambahkan, “Keberadaan Rumah Baca itu sebagai sumber pembelajaran yang sangat penting, karena Rumah Baca tidak hanya sebagai tempat membaca, namun juga untuk tempat mencari informasi,” tambah Iskandar.

BACA JUGA:  TNI AL Temukan Black Box Sriwijaya Air SJ-182

Sementara, Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Unkhair Jainul Yusup, menuturkan bahwa manfaat Rumah Baca adalah untuk menumbuhkan minat, kecintaan dan kegemaran membaca, memperkaya pengalaman belajar bagi warga menumbuhkan kegiatan belajar mandiri.

“Ini dilakukan untuk membantu pengembangan kecakapan membaca, menambah wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, melatih tanggung jawab melalui ketaatan terhadap aturan-aturan yang ditetapkan, membantu kelancaran penyelesaian tugas,” jelas Ketua Prodi Ilmu Sejarah.

BACA JUGA:  Lewati Jalur Tidak Resmi, 10 PMI Diamankan Yonif 642/Kapuas

Tak hanya itu, Jainul juga sangat mengapresiasi rumah baca yang dibuat oleh mahasiswanya ini. “Kami sangat mensuport langkah yang dilakukan oleh Mahasiswa MBKN Ilmu Sejarah, Pemuda dan Pemdes Tiowor. Kami juga memberikan buku-buku karya dosen program studi Ilmu Sejarah Unkhair,” tutupnya.

 

Penulis : Mursid Puko

Editor : Nurhasna Saurangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.