Optimalisasi Keamanan Laut, Bakamla RI dan Pemkab  Asahan Teken Kerja Sama

42075

JAKARTA – Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) terus berupaya mengembangkan Sistem Peringatan Dini (SPD) dengan membangun stasiun di beberapa titik strategis, salah satunya adalah Kabupaten Asahan. Guna mewujudkan hal tersebut, Bakamla RI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan teken Nota Kesepahaman tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Bupati Asahan H. Surya, B.Sc yang berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/9/2021).

BACA JUGA:  Forkopimda Saring Ketat PMI Masuk Jatim

Kerja sama ini sangat penting dilakukan mengingat isu-isu kemaritiman telah berkembang menjadi sangat krusial, tidak saja terkait aspek jalur pelayaran akan tetapi juga meluas dengan aspek potensi yang terkandung di laut.

“Saya yakin, dengan adanya kerja sama ini, tidak hanya memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Asahan, namun juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir. Tidak hanya dalam rangka mendukung upaya pengamanan daerah perairannya, namun juga meningkatkan taraf hidup penduduk di pesisir perairan Asahan,” ujar Laksdya TNI Aan Kurnia dalam sambutannya.

BACA JUGA:  Kapenkogabwilhan III : Teror Dunia Pendidikan, KKB Tidak Ingin Masyarakat Papua Maju

Lebih lanjut Kepala Bakamla menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi, pertama, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan. Kedua, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan. Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Dan Kelima, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Ditempat yang sama Bupati Asahan mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah ini merupakan langkah yang sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan.

BACA JUGA:  Polri Belum Tetapkan KKB Sebagai Kelompok Teroris

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Daerah dan Berita Acara Serah Terima Aset Milik Pemerintah Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan antara Kepala Biro Sapras Laksma Bakamla Supriatno, M.Tr.(Han) dan Kepala Desa Silo Baru Ahmad Sofyan.

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Bakamla RI, seperti Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, M.M., Direktur Kerja sama Laksmana Bakamla Sandy M Latef, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Enjud Darojat, S.T., M.M., Kepala UPH Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.I.K., M.Si., M.H., serta beberapa jajaran pejabat Pemkab Asahan. (Dy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here