Festival Pangan Lokal B2SA di Halsel Sukses Digelar

HALSEL – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kabupaten Halmahera Selatan bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Halmahera Selatan sukses menggelar Festival Pangan Lokal  Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (B2SA) yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Halsel ke-19 di lapangan merdeka Labuha, Rabu (8/6/2022).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba. Dihadiri unsur forum komunikasi Pimpinan daerah (Forkompimda) Halsel para sisten, Ketua TP PKK Kabupaten,Ketua Gabungan Organisasi Wanita, kepala OPD, camat, TP PKK kecamatan serta perwakilan desa dan kelompok tani.

Sebelum acara dimulai, dilakukan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Halsel HJ. Eka Dahliani Usman, kemudian dilanjutkan peninjauan oleh Bupati bersama rombongan, serta penilaian produk pangan.

“Pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat terlebih untuk PKK dan kelompok wanita tani agar keluarga kita dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan  sehat,” ungkap Wakil Bupati Hasan Ali Basam Kasuba dalam sambutannya.

Orang nomor dua di Bumi Saruma itu berharap hasil dari Lomba ini akan dapat diaplikasikan secara permanen kepada seluruh masyarakat Halsel.

“Dengan upaya yang dilaksanakan hari ini, kami berharap akan berdampak positif terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan ibu-ibu PKK dan Ibu di rumah tangga, anak muda untuk peningkatan kreatifitas dan inovasi, serta peningkatan nilai tambah produk pangan lokal Halsel, dan akhirnya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten  Halsel HJ. Eka Dahliani Usman,  mengajak seluruh tim PKK dan seluruh masyarakat untuk dapat berinovasi dalam menciptakan menu yang beragam dan bergizi.

BACA JUGA:  SPKKL Kema Bakamla RI Sharing Informasi Maritim Dengan Stakeholder Terkait

“Kegiatan ini kita berharap ada kemajuan dengan ide-ide baru tercipta jadi kegiatan ini bukan hanya memenuhi kebutuhan, tapi juga untuk menciptakan ekonomi sejahtera sehingga dapat mendukung program Halsel yang baik lagi,” ungkap dia.

Kemudian, melalui lomba Festival Pangan Lokal B2SA ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman khas Halmahera Selatan dengan  komposisi gizi yang seimbang. Disamping pula selain menjaring Wakil dari Halsel, Ketua TP-PPK Halsel ini berharap ada peserta yang dapat menciptakan Menu Makanan Khas Halsel yang punya nilai jual dan daya saing sehingga dapat menjadi kekuatan Ekonomi ditingkat keluarga.

“Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya bagi kaum perempuan, memberikan nilai ekonomi dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan,” jelas HJ. Eka Dahliani Usman

Dilain pihak, Kordinator Lomba Festival Pangan Lokal B2SA 2022, Gamal mengungkapkan, kegiatan festival pangan lokal B2SA tahun 2022 di Halmahera Selatan ini bertujuan untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, serta medorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai baik, dan mengangkat citra makanan khas daerah Halsel agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan modern.

“Festival pangan lokal B2SA tahun ini diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Halsel serta Ibu Ibu binaan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Halsel,” kata Gamal sapaanya

Sebelumnya, festival pangan lokal B2SA tahun 2022 dilaksanakan, pihaknya dengan Tim TP-PKK juga telah melakukan sosialisasi di 30 Kecamatan, termasuk menu yng dilombakan juga sudah disampaikan.

“Nah, menu yang Lombakan hari ini menu makan siang disajikan untuk keluarga. Pesertanya seluruh TP-PKK 30 kecamatan dan yang mendaftar sebanyak 30 kelompok terdari dari 2 orang,” ungkap Gamal.

BACA JUGA:  Dalami Kasus Korupsi Bansos, KPK Geledah 2 Rumah di Jakarta dan Bekasi

Pada ajang festival pangan lokal B2SA tahun 2022 ini kata dia, pihaknya menghadirkan dewan juri, yang berasal dari perwakilan dari TP PKK Kabupaten, Ahli Gizi, Dinas parawisata, Cef dari kota Ternate dan Juri Kehormatan. (ADV)

editor : Ebamz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.