Kabar Gembira, Pemda Taliabu Bakal Gratiskan Tes PCR

47169

TALIABU, MALUT – Faktor kebutuhan ekonomi masyarakat saat ini bukanlah satu satunya beban yang kerap menjadi keluhan saat menghadapi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, melainkan salah prasyarat keberangkatan juga telah menjadi kebutuhan yang kerap menjadi keluhan warga, salah satunya adalah hasil tes PCR bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan keluar daerah.

Meski demikian, tak semua pemerintah daerah mampu menjamin kebutuhan tersebut. Namun, Pemkab Taliabu dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Aliong Mus-Ramli telah merencanakan untuk menyediakan alat Tes PCR yang akan digratiskan bagi warganya dalam situasi pandemi sekarang ini.

BACA JUGA:  Rotasi Pasukan, Danrem 174 Merauke Pimpin Rapat Koordinasi Pencegahan Covid-19

“Kami di Taliabu telah membeli alat PCR yang mobile, sementara sudah berada di Luwuk, tinggal menunggu Feri datang ke sini alatnya sudah ada,” beber Bupati Aliong Mus saat membuka kegiatan Stunting di aula II Kantor Bupati Taliabu baru – baru ini.

Menurutnya, terkait pengadaan alat PCR ini, perlu adanya dukungan pemerintah provinsi untuk mempercepat penggunaannya, sehingga diminta kepada Pemprov Malut, terutama dinas kesehatan provinsi agar nantinya dapat mempercepat kebutuhan secara administrasi sehingga dapat digunakan oleh masyarakat dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:  Kodim 1711/BVD Bareng Puskesmas Kawagit Sosialisasi Pencegahan Bahaya Stunting

“Untuk penggunaannya, tentu PCR ini terdapat kewenangan propinsi dalam hal administrasi jadi saya harap itu dipercepat biar kami dalam bepergian tidak harus keluarkan uang lagi, karena untuk tes PCR di Taliabu nanti kita kasih gratis. tidak perlu lagi beli mahal mahal untuk hasil PCR di Luwuk. karena pcr di Taliabu gratis,” tegasnya.

Rencana pemerintah daerah kabupaten Pulau Taliabu yang akan menggratiskan biaya tes PCR ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Pasalnya, warga Taliabu yang bepergian ke luar daerah provinsi Maluku Utara tak jarang keluhkan biaya PCR yang di dapat dari daerah lainnya dengan biaya yang bervariasi dan tidak murah.

BACA JUGA:  Tahun Ini, Pemkab Tegal Prioritaskan Perbaikan 28 Ruas Jalan

Tak hanya itu, upaya Pemkab Taliabu yang bakal menggratiskan biaya tes PCR ini juga mendapat dukungan penuh dari politisi PKB Kabupaten Pulau Taliabu, Sukardinan Budaya yang juga sebagai anggota DPRD fraksi Pembaharuan. Dia berharap, upaya Pemkab tersebut perlu dipercepat sebab kebijakan tersebut menurutnya dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi saat ini.

“Karena PCR juga sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang akan melakukan perjanalan luar daerah, maka kami tentu mendukung kebijakan pemerintah daerah kabupaten Pulau Taliabu dalam hal menggratiskan biaya tes PCR, sebab langkah ini tentu membuat beban masyarakat menjadi sedikit lebih ringan saat bepergian,” ungkap alumni Mahasiswa Fisipol Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (Ummu) Ternate itu. (Mursid).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here