Kawal Aksi Buruh, Polda Metro Jaya Terjunkan Ribuan Personel

JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) menyebut pihaknya akan menurunkan ribuan personil untuk mengawal dan mengamankan aksi buruh pada Sabtu (01/05/2021).

Menurutnya, para personel gabungan tersebut nantinya akan disebar dan berjaga di sejumlah titik rawan. Mulai dari Mahkamah Konstitusi, Patung Kuda hingga Jalan Sudirman – Thamrin.

BACA JUGA:  Polri Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri Baru

“Akan ada sekitar 6.394 personil gabungan yang akan kita turunkan, mulai dari TNI – Polri hingga Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi turunnya massa besok,” ungkapnya.

“Memang sudah ada yang melaporkan akan turun dijalan, ada yang melakukan bakti sosial, hingga merayakan dan menyuarakan aspirasi dalam rangka May Day ini secara virtual,” sambungnya.

BACA JUGA:  Kades Maluli Bantah Dugaan Pemotongan BLT

Ia menambahkan, berdasarkan keinginan serikat buruh Polda Metro Jaya juga akan menyediakan layanan swab antigen gratis sebelum melakukan aksi. Untuk lokasinya masih menunggu koordinasi dengan serikat buruh.

“Kami imbau kepada seluruh buruh yang ingin melakukan aksi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, ada juga yang meminta kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui tes swab dulu sebelum aksi,” tuturnya.

BACA JUGA:  Densus 88 Tembak Mati Terduga Teroris Makassar

“Maka dari itu, atas perintah dari Kapolda juga akhirnya kita sediakan tes swab antigen esok yang diperuntukan kepada buruh sebelum melakukan aksi. Untuk lokasinya, kita belum bisa tetapkan karena masih menunggu dari SPSI dan KSPI yang menaungi buruh,” imbuhnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo), mengenai peralihan lalu lintas untuk aksi buruh esok akan bersifat situasional. Melihat bagaimana kepadatan dari para buruh yang berkumpul.

BACA JUGA:  Kapolri Minta Kapolda Dorong Pemda Buat Aturan Kebijakan PPKM

“Lalu lintas ini situasional, tapi dari pengalaman sebelumnya, jika massa ada di Patung Kuda maka jalur Sudirman – Thamrin akan dialihkan ke Tanah Abang, mungkin juga ke Bundaran HI. Nanti untuk bagaimana teknisnya kita lihat besok,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *