Kawal Aksi Buruh, Polda Metro Jaya Terjunkan Ribuan Personel

24724

JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) menyebut pihaknya akan menurunkan ribuan personil untuk mengawal dan mengamankan aksi buruh pada Sabtu (01/05/2021).

Menurutnya, para personel gabungan tersebut nantinya akan disebar dan berjaga di sejumlah titik rawan. Mulai dari Mahkamah Konstitusi, Patung Kuda hingga Jalan Sudirman – Thamrin.

BACA JUGA:  Kasus Covid-19 Tembus 40.000 Lebih, Tagar '2021GantiPresiden' Menggema di Jagat Maya

“Akan ada sekitar 6.394 personil gabungan yang akan kita turunkan, mulai dari TNI – Polri hingga Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi turunnya massa besok,” ungkapnya.

“Memang sudah ada yang melaporkan akan turun dijalan, ada yang melakukan bakti sosial, hingga merayakan dan menyuarakan aspirasi dalam rangka May Day ini secara virtual,” sambungnya.

BACA JUGA:  Mata Dunia Terpesona Dengan Culture dan Tradisional Indonesia Yang Ditampilkan Pasukan Garuda

Ia menambahkan, berdasarkan keinginan serikat buruh Polda Metro Jaya juga akan menyediakan layanan swab antigen gratis sebelum melakukan aksi. Untuk lokasinya masih menunggu koordinasi dengan serikat buruh.

“Kami imbau kepada seluruh buruh yang ingin melakukan aksi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, ada juga yang meminta kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui tes swab dulu sebelum aksi,” tuturnya.

BACA JUGA:  Panglima TNI: SMA Pradita Dirgantara Dapat Dijadikan Role Model Bagi Sistem Pendidikan di Papua Barat dan Papua

“Maka dari itu, atas perintah dari Kapolda juga akhirnya kita sediakan tes swab antigen esok yang diperuntukan kepada buruh sebelum melakukan aksi. Untuk lokasinya, kita belum bisa tetapkan karena masih menunggu dari SPSI dan KSPI yang menaungi buruh,” imbuhnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo), mengenai peralihan lalu lintas untuk aksi buruh esok akan bersifat situasional. Melihat bagaimana kepadatan dari para buruh yang berkumpul.

BACA JUGA:  Panglima TNI : Nakes Adalah Kesatria Negara Untuk Lindungi Masyarakat Dari Ancaman Covid-19

“Lalu lintas ini situasional, tapi dari pengalaman sebelumnya, jika massa ada di Patung Kuda maka jalur Sudirman – Thamrin akan dialihkan ke Tanah Abang, mungkin juga ke Bundaran HI. Nanti untuk bagaimana teknisnya kita lihat besok,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here