Koramil 424-04/Talang Padang Gelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan

TANGGAMUS, LAMPUNG – Danramil 424-04/Talang Padang, Kapten Inf Juliani Abri bersama Joko Santoso, S.P.,M.H. Anggota DPRD Prov. Lampung , sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di Halaman Pondok Pesantren Nurul Huda Pekon Gisting Atas Blok. 15 Kec. Gisting Kab. Tanggamus, Provinsi Lampung, Minggu (30/01/22)

Anggota DPRD Lampung Joko Santoso, S.P.,M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan merupakan program yang diselenggarakan DPRD Provinsi, untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mengingatkan kembali serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan pengetahuan ideologi pancasila,” ujarnya.

Joko Santoso bilang, hal seperti itu sangatlah penting, sebab sudah tidak lagi diberikan di tingkat sekolah. Sehingga generasi saat ini mengalami penurunan tentang rasa cinta tanah air. Untuk itu, dirinya berharap kedepannya dimasukkan kembali dalam kurikulum sekolah.

“Harapannya agar masyarakat mengerti dan memahami tujuan dari sosialisasi ini untuk menjadikan negara yang kuat mempunyai jiwa Persatuan dan kesatuan yang kuat karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya. Sehingga sejak dini kita sudah diberikan wawasan kebangsaan dan pengetahuan tentang Pancasila,” tuturnya.

Kapten Inf Juliani Abri, Danramil 424-04/Talang Padang saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan bahwa negara kesatuan republik Indonesia terdiri dari beragam suku dan agama, menjadi contoh negara lain bagaimana Indonesia bisa mempersatukan warga negaranya yang beraneka ragam suku dan bahasa.

“Tidak menutup kemungkinan ada Negara lain yang merasa iri sehingga menginginkan perpecahan dengan cara adu domba sehingga dengan perpecahan tersebut maka bangsa lain bisa menguasai Sumber Daya Alam yang ada,” jelasnya.

Tak hanya itu, Danramil juga menyampaikan bahwa sudah saatnya kita sadar dari hasutan-hasutan dari luar dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, karena kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi. “Tetap menjaga keutuhan NKRI dengan cara mempererat hubungan antar suku agama, agar tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax,” tutupnya.

BACA JUGA:  Beri Rasa Aman Saat Ibadah Jumat Agung, Kodim Mimika Laksanakan Pengamanan Gereja

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Riza Yudha Patria (Wakil Rektor III Universitas Tulang Bawang), Sunardi (Kepala Pekon Gisting Atas), Mujito (Kepala Pekon Campang), Daryanto (Kepala Pekon Wonoharjo), Puguh Haryanto (Kepala Pekon Dadapan), Sertu Syahdiar (Babinsa Koramil 424-04/Tlp), Sahari (Tokoh Masyarakat Gisting Atas), dan Tamu undangan ±60 orang. (Hms Kodim 0424 Tanggamus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.