PSI: KPK Geledah Ruang Fraksi Golkar DPRD DKI

Petugas keamanan kantor DPRD DKI Jakarta berjaga saat pengeledahan kantor DPRD DKI Jakarta oleh KPK di Jakarta, Selasa 17 Januari 2023. KPK mengeledah kantor DPRD DKI Jakarta terkait pengumpulan alat bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang. | Foto: Ist

JAKARTA – Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menggeledah ruangan Fraksi PSI DPRD DKI. Penyidik, tutur dia, memang mengecek ruangan di lantai 4 Gedung DPRD DKI, tapi ke ruang Fraksi Partai Golkar.

“Kebetulan kami di lantai empat, satu lantai dengan Fraksi Golkar. Ketua Fraksi kami sudah pastikan ke Setwan (Sekretariat Dewan) dan pamdal (pengamanan dalam) bahwa penyidik KPK hanya memeriksa ruangan Fraksi Golkar”, kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 18 Januari 2023.

BACA JUGA:  Kepala BNPT: Tindakan KKB Layak Disejajarkan Dengan Aksi Teror

Kemarin KPK menggeledah Gedung DPRD DKI guna mencari bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulo Gebang, Jakarta Timur. Penyidik mengecek beberapa ruangan, seperti ruang rapat Komisi C, Lantai 10 (ruang kerja Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi), dan ruang kerja anggota DPRD DKI sekaligus eks politikus Gerindra, M. Taufik.

Elva menuturkan, kasus pengadaan tanah di Pulo Gebang merupakan kasus lama, yaitu 2018-2019. Waktu itu, lanjut dia, PSI DKI belum masuk dalam parlemen Kebon Sirih.

“Jadi jangan dikait-kaitkan dengan PSI” ucap dia.

BACA JUGA:  Manipulasi Jam Operasional, Kafe di Jakbar Ini Ditutup

Tim penyidik KPK membawa sebanyak tujuh koper dari hasil penggeledahan di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Selasa, 17 Januari 2023. Petugas KPK keluar dari gedung sekitar pukul 20.55 WIB melalui pintu Gedung DPRD lama dan memasukkan koper-koper tersebut pada enam mobil jenis mini bus yang bersiap di depan Gedung DPRD DKI Jakarta.

Setelah memasukkan tujuh koper berwarna hitam dan merah tersebut ke dalam mobil, petugas KPK langsung pergi meninggalkan gedung institusi legislatif tersebut.

BACA JUGA:  Tinjau Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Panglima TNI Ingatkan Protokol Kesehatan

Selama proses penggeledahan oleh KPK, akses masuk ke Gedung DPRD DKI Jakarta dijaga petugas pengaman dalam (pamdal) DPRD DKI Jakarta dan awak media tidak diberikan akses untuk masuk meliput kegiatan tersebut.

KPK sendiri mengonfirmasi bahwa penggeledahan ini berhubungan dengan kasus dugaan korupsi dalam pengadaan lahan Pulo Gebang.

“Benar ada kegiatan penggeledahan dimaksud, terkait pengumpulan alat bukti dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulo Gebang,” Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Selasa, 17 Januari 2023.  (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *