Wujudkan Keamanan Laut Nusantara, Bakamla RI Gelar Patroli Bersama Tahun 2024

Dalam rangka menjamin stabilitas keamanan dan keselamatan di laut, khususnya di perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia, Bakamla RI menggelar Patroli Bersama Tahun 2024. Tidak tanggung-tanggung, puluhan unsur laut dan udara dikerahkan dalam Patroli Bersama ini.

Patroli Bersama Tahun 2024 ini secara resmi dibuka oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., yang ditandai dengan pemukulan tifa yang menandakan dimulainya kegiatan Patroli Bersama Tahun 2024. Upacara Pembukaan berlangsung di Dermaga Guspurla Koarmada III Tawiri Ambon, Kemarin.

BACA JUGA:  Polri Belum Tetapkan KKB Sebagai Kelompok Teroris

Berdasarkan release yang diterima Kilasindonesia.id, patroli bersama kali ini, Bakamla RI mengerahkan 10 unsur laut dan udara.

“Terdiri dari Kapal Negara (KN) dan dukungan aset patroli udara. Tidak hanya itu, Patroli Bersama turut didukung oleh unsur laut dan udara dari instansi terkait, antara lain TNI AL; Korpolairud Baharkam Polri; Ditjen PSDKP, KKP; Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan; dan Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan,” kata Irvansyah.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan bahwa target patroli bersama ini menyisir berbagai pelanggaran yang terjadi di perairan Indonesia yang didukung data intelijen dan juga data satelit dalam patroli bersama ini turut diperkuat oleh Puskodal Bakamla RI, Stasiun Bakamla RI, Pusinfomar TNI, BIN, BSSN, dan instansi terkait lainnya.

“Target patroli bersama kali ini meliputi aspek pelanggaran wilayah, pemanfaatan sumber daya alam, penangkapan ikan secara ilegal, kejahatan lintas negara terorganisir yang melewati batas negara dan dilakukan di suatu negara, tindakan kekerasan di laut, dan tindak perusakan lingkungan dan ekosistem laut,” jelasnya.

BACA JUGA:  Berkas Kasus Kerumunan HRS Dikembalikan, Bareskrim Lengkapi Petunjuk Jaksa

Tujuan dilaksanakannya patroli bersama ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran hukum dan tindak kejahatan di laut, penegakan hukum dan hak berdaulat Indonesia.

“Menjamin stabilitas keamanan dan keselamatan di laut khususnya di wilayah Rawan, terlindunginya sumber daya laut dan lingkungan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna jasa laut, serta meningkatkan kerja sama antar instansi keamanan laut dan maritim,” terang  Irvansyah.

Sehari sebelumnya, kegiatan Geladi Posko juga diselenggarakan untuk mematangkan jalannya patroli bersama yang dihadiri oleh para Komandan/Nahkoda kapal.

Di akhir sambutannya, Bakamla RI mengucapkan terima kasih atas dukungan dari instansi terkait. “Ini suatu kehormatan, karena diberikan kesempatan untuk bersama-sama mengamankan perairan negeri tercinta, Indonesia, melalui patroli bersama Tahun 2024. Raksamahiva Camudresu Nusantarasya – Kami Penjaga Laut Nusantara,” jelas Kepala Bakamla. (Humas Bakamla RI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *