Aksi Bersih Pantai, Langkah Konkret Menjaga Ekosistem Laut

21119

TALIABU, MALUT – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku Utara (Malut) beserta Polsek Taliabu Barat, Komunitas Pejuang Laut Taliabu (Pelaut), Satpol PP Pulau Taliabu, Pemerintah Desa Talo dan masyarakat nelayan Desa Talo melaksanakan aksi bersih-bersih pantai di Desa Talo, Jumat (19/6/2021).

Dalam arahan Bripka Rusdi Umanailo selaku Danpos Polairud menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan laut, sekaligus sebagai upaya konkret untuk merespon tantangan baru masyarakat global dalam menjaga ekosistem laut, yakni isu sampah plastik dan mikroplastik.

BACA JUGA:  Pangkogabwilhan I Tandatangani Nota Kesepahaman Jasa Layanan Perbankan

“Aksi bersih-bersih pantai ini juga menggandeng masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan lingkungan Laut dan pesisir pantai, karena kesadaran masyarakat sekitar akan kebersihan lingkungan khsususnya di Laut perlu ditingkatkan, agar pesisir pantai dan laut tidak dijadikan tempat untuk membuang sampah,” ucap Bripka Rusdi Umanailo.

Danpos Polairud bilang, meski sudah mengingatkan serta mengimbau kepada masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan, tapi masih ada saja yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

BACA JUGA:  Kanit Bintibmas Resmikan Kampung Tangguh di Kampung Umpu Bhakti

Untuk itu, mengajak masyarakat  yang tinggal di pesisir pantai Desa Talo dan sekitarnya agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar dan tidak boleh membuang sampah lagi di laut.

“Jangan membuang sampah ke laut karena laut atau pantai bukan tempatnya untuk membuang sampah,” ujarnya.

BACA JUGA:  Prajurit Satgas 413 Kostrad Sumbang Darah Untuk Anak Gagal Ginjal di Papua

Danpos juga berharap, dengan diadakannya kegiatan bersih-bersih pantai ini masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan terutama bagi laut yang juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia.

“Kami berharap masyarakat yang tinggal di pesisir pantai agar selalu menjaga kebersihan laut dan pantai dari kotoran sampah,” harapnya. (MT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here