Daerah  

Anjangsana ke Tempat Warga, Prajurit Yonif 125/SMB Ajarkan Keterampilan Anyaman Lidi

MERAUKE, PAPUA – Untuk memelihara kekompakan dengan masyarakat perbatasan, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/SMB di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW menyambangi warga sekaligus mengajarkan keterampilan anyaman lidi.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/SMB, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (20/1/2021).

BACA JUGA:  Jumlah Reaktif di Taliabu Melonjak Naik Pasca Lebaran

Dansatgas mengungkapkan, empat orang personel Satgas dari Pos Tomerau dipimpin Serda Jesaya Tarigan menyambangi kediaman Daniel Sangra dan mengajarkan keterampilan anyaman lidi kepada beberapa warga Tomerau, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke.

“Selain berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan warga, kegiatan ini juga merupakan wahana untuk meningkatkan keakraban antara Satgas dengan warga,” ujarnya.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil 1208-04/Jawai Cek Posko PPKM

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan, beberapa personel memang sudah dibekali keterampilan anyaman lidi dari home base jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Merauke, sehingga keterampilan yang dimiliki dapat ditularkan kepada warga di sekitar Pos masing-masing.

“Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini banyak terdapat di sekitar pemukiman warga. Proses pembuatannya tergolong mudah dan hasilnya bisa dipergunakan untuk keperluan rumah tangga,” tandasnya.

BACA JUGA:  Prajurit Satgas 413 Kostrad Sumbang Darah Untuk Anak Gagal Ginjal di Papua

Disela-sela kegiatan, Daniel Sangra (29 th) salah seorang warga Tomerau mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif 125/SMB khususnya Pos Tomerau atas ilmu keterampilan yang diajarkan kepada mereka.

“Dengan keterampilan yang diberikan bapak Satgas, kami bisa menggunakan waktu senggang membuat lidi kelapa ini menjadi mangkok dan piring untuk keperluan sehari-hari,” ungkapnya. (Dy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.