Daerah  

Kapolres Lahat Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Musi 2023

LAHAT – Kapolres lahat AKBP S. Kunto Hartono SIK. MT, memimpin apel Gelar pasukan dalam rangka Ops Patuh Musi 2023, di halaman Polres Lahat, dengan tema “Patuh dan Tertib Berlalulintas Cermin Moralitas Bangsa”, Senin 10 Juli 2023 kemarin.

Hadir dalam giat tersebut komandan Kodim 0405 Letkol Inf Toni Oki Priyono SIp, kepala dinas LLAJR Kab. Lahat, ketua Senkom Lahat, Kasatpol PP Pemda Lahat, kepala jasa raharja Lahat, Sub Denpom Lahat, dan tamu undangan lainya.

BACA JUGA:  PKL Pasar Higenis di Kota Ternate Kembali Bereaksi

Fungsi kepolisian negara republik indonesia di bidang lalulintas dan angkutan jalan raya yang diamanatkan UU no 22 tahun 2009 adalah untuk memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran masyarakat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktivitas di jalan. Ops patuh Musi 2023 akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 10s/d 23 juni 2023.

Dalam amanatnya Kapolres Lahat membacakan amanat Kapolda Sumsel, bahwa saat ini lalulintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis, terlebih pemerintah telah menetapkan status pandemi menjadi endemi Covid 19. Sehingga memberikan kelonggaran kepada masyarakat dalam beraktifitas.

BACA JUGA:  Ondofolo Kampung Sereh Sentani : Otsus Mengubah Wajah Papua Menjadi Lebih Baik

“Target dalam Ops patuh Musi 2023 adalah orang, lokasi, barang/benda dan kegiatan secara Tematik sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing,” ungkap Kapolres.

Sedangkan cara bertindak, lanjut Kapolres, mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis dan didukung gakkum secara elektronik atau teguran dengan melaksanakan penegakan hukum terhadap 7 perintah pelanggaran yang meliputi :

1.Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel pada saat berkendara.
2.Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur.
3.Pengemudi atau pengendara sepeda motor yg berboncengan lebih dari satu.
4.Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.
5.Pengemudi pengaruh konsumsi alkohol.
5.Pengemudi tidak menggunakan safety belt.
6.Pengemudi melawan arus.
7.Pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

“Dengan di gelarnya operasi patuh Musi 2023 diharapkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat serta maupun angka pelanggaran dan mengurangi angka kecelakaan lalulintas,” harapnya. ( Ril )( Akril Achmad ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *