Lewat Aplikasi e-Rekpro, Polri Rekrut 1.261 Bintara

  • Share

JAKARTA – Posko Presisi Polri mulai mencatatkan capaian program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kebijakan utama transformasi organisasi. Aplikasi e-Rekpro yang diluncurkan demi mendapatkan SDM Polri yang unggul berhasil menjaring 1.261 peserta.

Penanggung jawab kegiatan 04 Posko Presisi Brigjen Sandi Nugroho menjelaskan soal program peningkatan kinerja menjadikan SDM Polri yang unggul. Aksi yang dilakukan dalam kegiatan ini meliputi peningkatan kuantitas dan kualitas SDM Polri unggul di era Police 4.0 melalui pemantapan program rekrutmen proaktif dalam proses rekrutmen Polri.

BACA JUGA:  Aspers Panglima TNI: Bintal Prajurit TNI Merupakan Motor Penggerak Sikap dan Perilaku Prajurit

Brigjen Sandi mengatakan, aksi proaktif dalam proses rekrutmen Polri merupakan bagian rencana aksi 009 dalam aplikasi Posko Presisi yaitu affirmative actiontalent scouting and reward.

Aplikasi e-Rekpro atau Rekrutmen Proaktif sejauh ini menjaring 1.261 peserta. Masing-masing melalui affirmative action 500 peserta (371 pria dan 129 wanita), penghargaan 40 peserta (30 pria dan 10 wanita) dan talent scouting 721 peserta (472 pria dan 249 wanita).

BACA JUGA:  27 Prajurit Marinir Jalankan Misi Kemanusiaan di Kalsel

“Total calon Bintara Polisi yang terjaring melalui program Rekpro sejumlah 873 pria dan 388 wanita,” kata Brigjen Sandi dalam rilis, Selasa (27/4/2021).

Brigjen Sandi Nugroho menuturkan, dalam implementasinya validasi data dilakukan secara bertahap di aplikasi e-Rekpro. Mulai dari ujung oleh petugas Bhabinkamtibmas langsung di lapangan sampai ke tingkat Mabes Polri untuk menentukan kelulusan calon anggota.

BACA JUGA:  Asops Panglima TNI Periksa Kesiapan Satgas MTF Kontingen Garuda XXVIII-M/UNIFIL

“Sehingga, di tingkat Mabes dapat terlihat total data pendaftar yang sudah masuk beserta status pendaftarannya,” jelasnya. Data pendaftar yang lolos seleksi di tingkat polres selanjutnya akan dilakukan penjaringan kembali di tingkat polda. Pada halaman admin polda akan terlihat jumlah data yang terkumpul dari masing-masing polres di wilayah hukum polda tersebut.

“Dari data ini polres jajaran dapat menginstruksikan petugas Bhabinkamtibmas untuk melakukan validasi data langsung di lapangan,” jelasnya merinci.

BACA JUGA:  Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Terpusat Taruna-Taruni Akademi TNI Tahun 2021

Data pendaftar yang lolos seleksi di tingkat polda selanjutnya akan dilakukan validasi akhir untuk menentukan kelolosan pendaftar sebagai anggota Polri. Sehingga, pada admin Mabes terkumpul seluruh data pendaftar dari seluruh polda. Dari sini dapat terlihat sebaran data pendaftar baik dari status pendaftaran, pilihan jalur pendaftaran maupun dari wilayah polda mana sebaran pendaftar.

Secara filosofis, Brigjen Sandi Nugroho menuturkan bahwa e-Rekpro memberikan kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa dapat mengikuti proses seleksi dengan baik, setelah diberikan pendampingan.

BACA JUGA:  TNI Gelar Sidang Pantukhir Penerimaan Perwira Khusus Tenaga Kesehatan

“Proses pendampingan ini diberikan agar para peserta tes dapat menjalani proses tanpa gagap. Minimal sudah memahami apa saja yang akan dialami pada saat tes. Sehingga, para peserta dapat mengikuti seleksi secara optimal,” pungkasnya. (Dy)

  • Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *