Tingkatkan Mutu Pendidikan, Diknas Halsel Terapkan Kurikulum Merdeka 

Kadiknas Halsel. Safiun Radjulan

HALSEL – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Halmahera Selatan terus menggencarkan sosialisasi dan pendampingan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka. Upaya ini dilakukan Pemerintah daerah Halmahera Selatan melalui Diknas dengan tujuan agar meningkatkan Mutu Pendidikan.

Pendampingan dan penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka sudah dilaksanakan hampir 30 kecamatan kepada guru guru SD dan SMP. Rencananya Kurikulum Merdeka akan diterapkan pada tahun ajaran ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Halmahera Selatan, Safiun Radjulan mengatakan, implementasi Kurikulum Merdeka adalah untuk mewujudkan merdeka belajar yang bertujuan memberikan pendidikan berkualitas, kemajuan belajar, pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Sehingga dibuatlah kegiatan pendampingan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang tenaga tim pengawasnya Diknas pakai dari guru guru penggerak  untuk memberi pemahaman kepada tenaga pengajar SD/SMP di 30 kecamatan bagaimana cara penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka.

“Nah dalam kegiatan itu ada simulasi yang dilakukan oleh pengawas dan ada juga dari peserta, sehingga  bisa diukur sudah sejauh mana pemahaman para Guru Guru ketika materi disampaikan oleh pengawas,” kata Kadiknas Safiun diruang kerjanya Kamis (15/9/2022) kemarin.

Menurut Dia, era pendidikan saat ini bergerak ke arah kemerdekaan belajar sehingga hadirnya Kurikulum Merdeka diharapkan tenaga Guru dapat menyesuaikan situasi, kondisi serta arah pendidikan yang ada. Di mana para pembelajar harus lebih akrab dengan teknologi, seraya melanjutkan kegiatan pembelajaran yang sesuai.

Jadi diharapkan, dengan Kurikulum Merdeka ini anak-anak dapat diberi sesuatu yang berbeda dalam pembelajaran serta dapat mengembangkan kompetensi diri sesuai dengan kemampuan yang mereka punya.

“Untuk itu, saya berpesan agar para tenaga pendidik yang mengikuti kegiatan dapat bersungguh-sungguh serta memahami cara penyusunan perangkat Kurikulum Merdeka ini agar penerapannya bisa berjalan dengan efektif serta efisien.” jelasnya. (bz)

BACA JUGA:  Pangdam Pattimura Dorong Bupati Malteng Tuntaskan Konflik Kariu

ed : Ebamz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *