Gandeng Polairud dan Satgas BKO, Komunitas Pelaut Gelar Aksi Bersih Pantai

  • Share

TALIABU, MALUT – Komunitas Pejuang Laut Taliabu (Pelaut) menggelar aksi bersih pantai dan laut (coastal clean-up) dari Desa Wayo hingga Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat Pulau Taliabu.

Dalam kegiatan itu, Komunitas Pelaut bersama-sama dengan Polairud Taliabu, Satgas BKO Taliabu, Penyuluh Perikanan KKP dan LPUMKP, BPBD Pulau Taliabu, berserta Nelayan Desa Wayo.

BACA JUGA:  150 Personel Korem 174 Merauke Selesai Melaksanakan Vaksinasi Tahap Kedua

Ketua Komunitas Pejuang Laut Taliabu (Pelaut) Sahmir G.H.Robodoe, menuturkan bahwa kegiatan tersebit sebagai memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2021 kemarin.

“Ini sebagai langkah awal dari komunitas Pelaut, tapi alhamdulillah atas kehadiran dari berbagai pihak, kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bersama Banyak Pihak, Komunitas Pelaut Kembali Gelar Aksi Bersih Pantai

Selain aksi bersih pantai, kata dia, juga akan menggelar diskusi Bacarita Anak Nelayan sebagai langkah tindaklanjut dari kegiatan itu.

“Kita tidak hanya aksi bersih pantai tapi akan diisi juga dengan diskusi/edukasi publik, cerita anak nelayan dengan tema “Jaga Laut Untuk Kita” sekira pukul 20.00 WIT, bertempat di Liang Haya Coffee, Minggu (13/6/2021),” terang dia.

BACA JUGA:  Hindari Jalan Berlubang, Truk Muatan Galon Terguling di Jalan Semarang – Purwodadi

Dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat ke depannya bisa turut peduli menjaga laut dengan tidak membuang sampah di laut.

“Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina dan sebanyak 3.2 juta ton sampah dibuang ke laut setiap tahunnya sehingga aksi bersih pantai ini bisa menjadi momentum awal untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga laut,” ujarnya.

BACA JUGA:  80 KPM Desa Wayo Terima BLT-DD Tahun 2021

Sementara itu, Danpos Polairud, Bripka Rusdi Umanailo, berharap kegiatan bersih-bersih pantai jangan hanya sampai disini, akan tetapi dilakukan terus menerus hari ini saja.

“Kalau bisa setiap minggu ada terus. Sebab dengan adanya kegiatan kita setiap minggu berarti adanya perasaan dari masyarakat yang tidak sadar akan pembuangan sampah pada tempatnya,” kata Danpos Polairud yang beranggotakan 6 orang ini.

BACA JUGA:  Prajurit Satgas Yonif 131 dan Warga Perbatasan Buka Puasa Bersama

Yang kedua, tambah Danpos Polairud, dirinya mengatakan bahwa untuk memaksimalkan kegiatan sadar sampah. Maka disamping membersihkan dibibir pantai, diharuskan juga aksi bersih sampah di dasar laut.

“Jangan kita hanya memperhatikan yang di daratnya saja, tapi harus yang di dasar laut juga bisa kita bersihkan. Supaya di darat bersih di laut juga bersih,” terangnya.

BACA JUGA:  TMMD Boven Digoel Merajut Asa Warga Kampung Kawagit, Wanggom dan Kombay

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas BKO, Satgaster Kodim Persiapan Pulau Taliabu, dirinya mengajak kepada para pecinta laut agar bisa bersama-sama dengan Polair dan BKO yang saat ini masih bertugasbertugas diwilayah Taliabu.

“Saya sebagai Dansatgas BKO, Satgaster Kodim Persiapan Pulau Taliabu. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik. Kemudian jangan bosan serta jangan henti-hentinya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga pantai di Pulau Taliabu,” jelas Kapten Inf. Ajistika. (MT)

  • Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *