Bapak Asuh Anak Stunting (Baas) Pulau Taliabu Dikukuhkan

TALIABU, MALUT – Sebanyak 61 Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara akhirnya dikukuhkan oleh Bupati Pulau Taliabu (Pultab) Aliong Mus, yang digelar di Aula Kantor Bupati, Senin (17/10/2022).

Bupati Aliong Mus menjelaskan, program BAAS adalah gerakan gotong royong seluruh elemen bangsa untuk turut ambil bagian dalam mempercepat penurunan stunting, yang menyasar langsung kepada keluarga berisiko stunting, Prioritas dalam Program BAAS adalah Baduta Stunting, Ibu Hamil dari Keluarga Berisiko Stunting, dimana sasaran prioritas adalah Catin keluarga baru atau pasangan usia subur yang merencanakan kehamilan dari keluarga.

BACA JUGA:  Wujud Kepedulian, Polsek Talbar Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil

“Apresiasi dan dukungan langsung dari pemerintah Pusat pertama-tama saya mengajak kepada kita semua untuk selalu menyayangi dan syukur ke pada Allah subhanahu Wa ta’ala Tuhan Yang Maha Esa karena atas petunjuk bimbingan dan karunia serta nikmatnya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat hadir tempat ini untuk mengikuti pengukuhan Bapak asuh dan anak stunting di Kabupaten Pulau Taliabu,” jelasnya.

BACA JUGA:  Jalin Silaturahmi, Ketum SKIBER Sambangi Kediaman Habib Ikshan Alhamid

Untuk indikator pembangunan manusia Bupati menuturkan, telah ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024  diantaranya adalah preferensi stunting menjadi 14% di tahun 2024 dari kondisi 27% di tahun 2019 suatu penurunan yang cukup menantang yang kecepatan penurunan yang diharapkan 2,7% per tahunnya.

“Indikator dan penetapan selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk memenuhi Tujuan Pembangunan Berkesinambungan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs). khusunya pada tujuan kedua, target Prevalensi Stunting (pendek dan sangat pendek) pada anak di bawah lima tahun/balita,” kata bakal calon Gubernur Malut ini.

BACA JUGA:  Ketum IKKT PWA Resmikan Paud dan Daycare Tunas Muda IKKT

Untu itu, dalam upaya percepatan permainan stunting dibutuhkan keterlibatan semua pihak dan salah satunya adalah dengan program Bapak asuh anak stunting. Untuk itu komitmen sesama harus dibangun dan aksi nyata harus dilaksanakan dengan cara intervensi dan koneksi serta melakukan hal nyata dalam penanggulangan stunting.

“Sebagai Locus stunting walaupun kita masih baru tapi kita mendapatkan perhatian khusus seperti ini percepatan penurunan Stunting Pusat kenapa itu karena berkat kerjasama yang sungguh-sungguh dari semua pihak terlibat sehingga saat ini progres kegiatan tim percepatan untuk penurunan stunting Kabupaten Pulau Taliabu,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Bupati Haltim Lantik 119 Pejabat Eselon III dan IV

Diakhir sambutannya, Bupati Aliong Mus mengucapkan terima kasih kepada para donator yang sudah bersedia menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, dan juga menyampaikan kesempatan untuk menjadi Bapak Asuh ataupun Ibu Asuh anak stunting juga terbuka lebar bagi masyarakat.

“Ini awal yang bagus untuk menekan pertumbuhan stunting di Pulau Taliabu. Mudah-mudahan peran kita semua menjadi langkah nyata untuk penurunan stunting,” tutupnya. (MT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *